Kamis, 20 November 2014

Begin Again – Bisakah Musik Menyelamatkan Hidupmu?


Greta (Keira Knightley) seorang penulis lagu bersama pacarnya Dave (Adam Levine), seorang penyanyi dan penulis lagu pindah ke New York karena dia baru saja mendapatkan kontrak rekaman. Sayangnya kebahagiaan itu hanya sebentar karena pacarnya, Dave malah berselingkuh dengan salah satu orang rekaman. Di lain tempat, Dan (Mark Ruffalo) baru saja dipecat dari tempat kerjanya karena bersitegang dengan partner kerjanya. Dan yang frustasi lalu pergi ke bar dimana secara tidak sengaja melihat Greta yang menyanyikan lagu ciptaannya sendiri. Dan yang setengah mabuk serasa terbius dengan lagu itu dan membayangkan aransemen lengkap dari lagu itu yang tentu saja itu semua hanya terjadi di kepalanya. (Pssttt… Adegan Dan membayangkan alat-alat musik bergerak sendiri mengiringi Greta bernyanyi itu bagus banget lho). Keduanya pun berkenalan dan mengobrol tentang musik yang akhirnya melahirkan ide untuk membuat musik bersama.

Yap, well done John Carney! Ia berhasil mengulang apa yang dulu pernah ia lakukan di Once, menyatukan cerita dan musik untuk berjalan bergandengan tangan dengan romantisnya. Begin Again berhasil membentuk kombinasi yang sangat manis karena  walaupun ide ceritanya sendiri tidak istimewa tapi ia mampu mengolah naskah dengan baik sehingga materi klise yang ia punya tidak terkesan dangkal seperti film-film romance pada umumnya. Ia tahu kapan waktu yang pas untuk memasukkan unsur romantis dan kapan waktunya untuk memasukkan dialog-dialog segar nan lucu.

Di bagian departemen akting pun tak mengecewakan. Keira Knightley, memberikan kejutan manis lewat suara merdunya dengan menyanyikan sebagian besar lagu yang ada. Mark Ruffalo tidak perlu diragukan lagi kapasitas aktingnya yang jempolan dan seolah selalu memberikan sebuah harapan di setiap kemunculannya. Di luar dugaan, Adam Levine yang diawal film terlihat hanya sebagai tempelan, ternyata mampu mencuri perhatian terutama saat ia menyanyikan Lost Star di panggung sambil berharap Greta datang untuk menonton pertunjukannya.  


Soundtrack lagunya pun terdengar catchy di semua track. Lagu-lagu di sini bukan hanya sebagai pemanis saja tapi sebagai jembatan bagi penonton untuk bisa ikut menghayati peran karakter dan ikut merasakan semangat bermusik para karakter yang ada… dan merasakan cinta tentu saja, lewat musik. Dan sepertinya saya pun harus menyudahi tulisan ini dan merekomendasikan film ini untuk kalian tonton bersama keluarga atau orang yang sangat dekat dengan kalian :).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar